Cara Mengoptimalkan Inbound Link Blog

Cara Mengoptimalkan Inbound Link Blog


Skull KidZ - Apa itu inbound link? Bagaimana cara mengoptimalkan inbound link di blog? Mengoptimalkan inbound link yang ada di dalam artikel blog memiliki banyak sekali manfaatnya. Dan Terlalu SEO akan membahasnya kali ini, mulai dari pengertian inbound link, bagaimana cara optimalisasinya dan manfaatnya.

Ada dua jenis link yaitu inbound link dan outbound link. Apa itu inbound link? Inbound link adalah sebuah link yang berada dalam sebuah blog dan berasal dari dalam blog itu sendiri. Sedangkan outbound link adalah link yang berada dalam sebuah blog dan mengarah ke luar blog (link yang mengarah ke luar).

Nah perbandingan inbound link dan outbound link juga harus serasi. Karena jika sebuah artikel terlalu banyak memiliki outbound link, bisa menyebabkan penurunan peringkat artikel di SERP.

Jumlah inbound link dalam sebuah artikel harus lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah outbound link pada artikel tersebut. Perbandinganya adalah 1:2, karena jika jumlah outbound link lebih banyak juga bisa dianggap spam oleh Google sebagai tindakan link farm. Link farm adalah sebuah tindakan yang dicekal oleh Google karena termasuk kedalam teknik black hat SEO.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan inbound link pada blog? Berikut ini saya mempunyai tips - tipsnya agar lebih optimal dan lebih SEO.

Kata Terkait

Untuk mengoptimalkan inbound link pada artikel blog kita dan agar lebih SEO adalah dengan menyisipkan link dengan kata terkait. Yaitu menyisipkan link dengan kata terkait yang relevan. Misal di post tersebut adaka kata "sakit hati" maka kita sisipkan link yang terkait dari blog kita yang relevan dengan kata tersebut misal "www.domain.com/obat-sakit-hati.xhtml".

Dan link terkait juga harus berasal dari dalam blog kita. Misal kalian mempunyai beberapa posting tentang teknik SEO on page yaitu "pengertian SEO on page" dan "cara optimasi SEO on page", lalu kalian membuat sebuah post baru tentang cara optimasi keyword yang masih ada kaitanya dengan SEO on page. Nah kalian bisa menyisipkan link yang berkaitan dengan kata SEO on page tersebut atau kalian bisa menggunakan tag.

Contoh: Kalian bisa menyisipkan link terkait seperti cuplikan dibawah ini.
Contoh: "Apa itu keyword? Bagaimana cara optimasi keyword? Optimasi keyword ini termasuk kedalam teknik SEO on page..."

Kalian bisa menyisipkan link terkait dikata yang dicetak tebal.
Contoh: "Apa itu keyword? Bagaimana cara optimasi keyword? Optimasi keyword ini termasuk kedalam teknik <a href="/?search=seo+on+page">SEO on page</a>..."

Artikel Terkait

Artikel terkait ini berfungsi sebagai tempat artikel - artikel dalam sebuah post. Biasanya terletak dibawah postingan. Dan artikel satu dengan artikel terkait yang lainya harus berhubungan satu sama lain dan relevan.
Sebagai contoh kalian membuat sebuah post tentang informasi masakan mie ayam. Maka dibawah post kalian bisa membuat artikel terkait dibawah postingan tersebut seperti "resep masakan mie ayam", "warung mie ayam terenak di tangerang" dan "bahan - bahan untuk memasak Mie ayam".

Menu Navigasi

Dan kalian juga bisa mengoptimalkan inbound link blog kalian di menu navigasi. Bagaimana caranya? Jika di blogspot ada yang namanya fitur arsip, yang fungsingnya untuk menavigasi pengunjung dalam mencari artikel yang lain di blog tersebut.

Fungsi dari mengoptimalkan inbound link ini adalah untuk meningkatkan index page blog kita di SERP. Untuk bukti kalian bisa search "site:terlaluseo.blogspot.com" di Google. Jika hal ini sering dilakukan katanya sih bisa cepat mendapatkan site link dari Google lho?

Nah itulah cara untuk mengoptimalkan inbound link blog kita yang bisa meningkatkan index page blog kita di SERP dan lebih SEO nantinya. Semoga bermanfaat kawan dan terima kasih sudah berkunjung.

Baca juga:



0 komentar



Emoticon